Soto Betawi Ayam Kampung (bukan daging suwir). Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Lihat juga resep Soto daging + ayam enak lainnya. Pada dasarnya soto ayam yaitu masakan yang berkuah kuni dengan suwiran ayam di dalamnya.

Masukan daging ayam kampung sambil diaduk-aduk sebentar, kemudian tambahkan air secukupnya. Jika daging ayam sudah matang dan terasa empuk, angkat. Masukan kembali suwiran daging ayam ke dalam panci berisi kaldu, lalu didihkan.

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Lihat juga resep Soto daging + ayam enak lainnya. Pada dasarnya soto ayam yaitu masakan yang berkuah kuni dengan suwiran ayam di dalamnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat soto betawi ayam kampung (bukan daging suwir) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Betawi Ayam Kampung (bukan daging suwir) memakai 31 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Soto Betawi Ayam Kampung (bukan daging suwir):

  1. Ambil 1 ekor ayam kampung potong 8-10 potong.
  2. Ambil 1 buah wortel iris tipis.
  3. Siapkan 65 ml santan instant.
  4. Gunakan 220 ml susu cair full cream.
  5. Gunakan 700 ml Air.
  6. Gunakan Minyak sedikit utk menumis.
  7. Ambil 5 lembar daun jeruk (buang tulang daunnya).
  8. Gunakan 3 lembar daun salam.
  9. Sediakan 2 batang sereh digeprek.
  10. Sediakan 1 ruas langkuas digeprek.
  11. Gunakan 1 bungkus bumbu instan soto betawi (biar lebih sedep aja).
  12. Gunakan secukupnya Garam.
  13. Siapkan Kaldu bubuk secukupny.
  14. Siapkan Bumbu halus :.
  15. Ambil 8 sium bawang merah.
  16. Gunakan 5 sium bawang putih.
  17. Ambil 1 ruas kunyit.
  18. Gunakan Sedikit jahe.
  19. Gunakan 1 sdt ketumbar.
  20. Siapkan 1 sdt lada.
  21. Sediakan 3 butir kemiri.
  22. Siapkan Pelengkap :.
  23. Ambil Daun bawang iris tipis.
  24. Ambil Kentang, dipotong kemudian goreng.
  25. Gunakan Bawang goreng.
  26. Gunakan Emping.
  27. Gunakan Tomat.
  28. Gunakan Telur rebus.
  29. Sediakan Sambel goreng enakabe (karena sy mles bkin sambel).
  30. Gunakan Acar.
  31. Siapkan Jeruk nipis (sy pake lemon).

Tambahkan irisan kol, seledri dan daun bawang. Ternyate nih, soto ayam betawi bukan Cume di sukai oleh orang Jakarte aje, Melainkan dari luar negeri pun demen banget ame nyang namenye masakan soto ayam betawi. Selaen rasenye nyang gurih dan nikmat, soto ayam betawi juge bikin mata merem melek. Resep Soto daging Ayam Kampung ini merupakan salah satu Resep soto yang paling enak dan mantap.

Cara membuat Soto Betawi Ayam Kampung (bukan daging suwir):

  1. Cuci bersih ayam beri perasan jeruk nipis atau garam, bilas dgn air bersih..
  2. Rebus ayam dengan air sebanyak 700ml hingga empuk kurg lebih 40 menit.
  3. Haluskan bumbu (sy pk blender😂) kemudian siapkan penggorengan, tuangkan minyak dan tumis bumbu halus berserta daun salam, daun jeruk, sereh dan langkuas. Tumis hingga harum, masukan bumbu instant soto betawi. Aduk rata, hingga harum semerbak😂.
  4. Masukan bumbu yg sudah ditumis kedalam panci berisi rebusan ayam, aduk hingga rata..
  5. Masukan susu cair, aduk rata.
  6. Masukan santan, aduk terus hingga mendidih (kalo ga nanti santannya pecah), masukan garam, kaldu bubuk..
  7. Sampai kuahnya mendidih, koreksi rasa.. jika dirasa sudah pas.. tuang ke mangkok, tata deh dengan bahan pelengkap. Kalau sudah hidangkan selagi hangat…. Semudah itukan ya buatnya… 🥰 Selamat mencoba moms😘.

Tak kalah lezat dari berbagai jenis soto yang ada di Indonesia seperti soto ayam banjar, soto ayam lamongan, soto ayam kudus dan aneka soto khas daerah lainnya. Ada soto Betawi yang menggunakan santan, susu, atau kombinasi keduanya. Paduan keduanya akan menghasilkan kuah soto yang gurih dan sedikit creamy. Berikut ini kami sajikan resep soto ayam Betawi santan susu untuk Anda coba di rumah. Sebenarnya variasi soto ada cukup banyak.

Inilah resep membikin Soto Betawi Ayam Kampung (bukan daging suwir), mari dipraktekkan ditempat anda dengan melihat semua bahan dan langkah detail itu. Silahkan dibookmark website ini jadi anda bisa dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau ingin mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, agar selalu memperoleh update resep terenak dari kami. Selamat memasak!. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Sambut pagi hari dengan semangat baru. Jangan mengeluh tentang hari kemarin. Jadikan hari kemarin sebagai pembelajaran dan hari ini sebagai upaya memperbaiki diri. Selamat pagi.”